5 Bahaya Memakai Pembantu Rumah Tangga


ImageSaya ingin memperingatkan tentang bahayanya pembantu. Maka ketika kita mengambil pembantu rumah tangga, baik dia muslimah atau bukan, akan tetap menimbulkan bahasya besar dan dampak negatif, karena pembantu rumah tangga mengundang banyak bahaya antara lain:

Pertama, kebanyakanpembantu rumah tangga itu datang tanpa mahram dan memiliki keagamaan sangat rendah serta akidah dan akhlak yang kerdil. Padahal perjalanan wanita tanpa mahram itu haram, seperti yang diriwayatkan dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, dari Ibnu Abbas raddhiayallahu anhu bahwa Nabi shallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Wanita tidak boleh berpergian tiga hari, kecuali  harus disertai mahram. (Al Bukhari 1087, dan Muslim 3245)

Kedua, pembantu rumah tangga itu pada akhirnya akan mengamati dan mengetahui rahasia-rahasia rumah tangga tempat ia bekerja. Bahkan mungkin saja ada wanita yang disengaja dibayar untuk menyelidiki hal ihwal kaum muslimin, dan untuk mengetahui seluk beluk internal dikalangan kita.

Ketiga, mengambil pembantu rumah tangga itu anan membuat nyonya rumah cenderung malas, santai, dan boleh jadi menganggur. maka demikian itu akan membahayakan kaum wanita sendiri. Bahkan kebanyakan mereka benar-benar telah terjangkiti penyakit malas dan hidup manja. Sehingga tinggal duduk saja dalam rumah dan santai, tanpa punya kesibukan apapun, maka otaknya menjadi tumpul dan kecerdasannya menurun.

Keempat, sebagian dari para pembantu rumah tangga itu masih muda dan mungkin saja cantik. Dikhawatirkan akan menimbulkan fitnah, baik terhadap suami maupun anak-anak. Kalau keluarga tersebut mempunyai anak, maka sering kita dengar, bahkan sering pula kita saksikan terjadinya berbagai skandal akibat perilaku para pembantu rumah tangga.

Kelima, kebanyakan para pembantu rumah tangga itu tidak memakai jilbab dan pakaian sesuai ketentuan syariat, sehingga semuanya menimbulkan kemurkaan Allah Subhanahu Wata’ala dan dinilai haram.

Jadi sebaiknya kita jangan tergesa-gesa mempekerjakan pembantu rumah tangga. Kalaupun terjadi darurat, sehingga harus mempekerjakan pembantu, maka haruslah terpenuhi syarat-syaratnya. Pertama, hendaklah kedatangan pembantu itu disertai mahram. Kedua, hendaklah dia bersikap menghindari fitnah, Ketiga, dipekerjakannya pembantu karena kebutuhannya darurat dan sangat mendesak.

Sumber: Buku Muda, Nikah, Bahagia. Karangan Ustadz Zainal Abidin bin syamsudin

Iklan

About admin

Berjuang menegakkan Dakwah Sunnah di Ranah Minang

Posted on 3 Mei 2012, in Kontemporer, Nasehat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Jgn berpikiran buruk. Bagaimana jk pmbantu rmh rangga justru belajar islam dr majikannya?smua tidak ada yg tahu. Bagaimana jika suatu saat ada dr kita yg mnjadi pmbantu rmh tangga? Tulisan ini mmbuat org tdk mau memakai pmbantu rumah tangga, sedangkan jalan hidup manusia hanya Allah yg mengetahuinya, cukup berpikiran positif, tdk berpikiran sempit dan terus mminta petunjuk pd Allah. Insya Allah smua akan baik-baik saja.

  2. RASULULLAH TIDAK PERNAH MERENDAHKAN PARA PEMBANTUNYA. TAK ADA SATU AYAT PUN DALAM KITABULLAH KYANG MERENDAHKAN SEORANG PEMBANTU. BAHWA SEORANG PEMBANTU ITU AGAMA DAN AQIDAHNYA RENDAH, AHKLAK KERDIL. ALLAH SWT BUKAN MNILAI SESE ORANG DARI PROFESINYA TP DARI TINGKAT KEIMANAN DAN KETAQWAANNYA.
    POINT PENTING: ASAL ANDA TAHU SEORANG PEMBANTU ITU HIDUP DI KAMPUNG YG SUASANA KEAGAMAANYA ITU LBIH KENTAL DI BANDING PERKOTAAN. PEMBANTU SEJAK KECIL BELAJAR ILMU AGAMA DI MADRASAH SAMPEK DEWASA . SEORG PEMBANTU ITU ILMU AGAMANYA LBIH TINGGI DRIPADA MAJIKANNYA , KARNA PEMBANTU ITU DI DIDIK ILMU AGAMA SEJAK KECIL DI KAMPUNG WLOPUN PENDIDIKANYA RENDAH KARTA KETERBATASAN BIAYA. SEDANGKAN MJIKAN PENDIDIKAN TINGGI TINGGL DI KOTA YG MENGESAMPINGKAN DAN MNYEPELEKAN ILMU AGAMA. ILMU AGAMA ITU ILMU UNIVERSAL UNTUK DUNIA AKHIRAT SEDANGKAN ILMU PENDIDIKAN HANYA UNTUK MENGEJAR IJAZAH.

    (SAYA PEMBANTU)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: