Mana Yang Lebih Utama Jadi Imam Shalat, Yang Berjenggot dengan Sedikit Hafalannya atau Yang Mencukur Jenggot dengan Banyak Hafalannya?


Mana Yang Lebih Utama Jadi Imam Shalat ? Yang Berjenggot dengan Sedikit Hafalannya, atau Yang Mencukur Jenggot dengan Banyak Hafalannya. (Fatwa no. 3816) :

Pertanyaan:
Ada seorang laki-laki yang dia seorang penghafal qur’an, akan tetapi dia tidak memilki jenggot (karena sengaja dicukur, pen).

Dan ada laki-laki lain yang memiliki hafalan qur’an yang sedikit (dibandingkan lelaki yang tadi) dan dia memiliki jenggot (yang dibiarkan/ tidak dicukur, pen). Lalu siapakah diantara keduanya yang didahulukan untuk menjadi Imam pada saat shalat ?

Jawaban :

Segala puji hanyalah milik Allah,
Yang didahulukan untuk menjadi imam pada saat shalat tersebut adalah orang yang memilki jenggot (yang dibiarkan/ tidak dicukur, pen) meskipun memiliki hafalan yang sedikit dibandingkan atas orang yang mencukur jenggotnya meskipun dia pengahafal al-qur’an.

Dikarenakan sesungguhnya orang yang pertama tadi bukanlah orang yang berdosa dengan sedikit hafalannya sedangkan orang yang kedua tadi dia berdosa dengan mencukur jenggotnya

Dan Allahlah yang memberikan taufik (petunjuk), semoga Sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad dan para sahabatnya.

Dewan Komite Tetap untuk Penelitian Ilmiyah dan Fatwa.
Ketua : Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz
Wakil ketua : ‘Abdurrazzaq ‘afifi

Sumber : www.al-eman.com/الفتاوي/أيهما أفضل الإمام الحليق الحافظ أم الإمام الملتحي الذي يحفظ قليلا/i3816&rs&p7

Iklan

About admin

Berjuang menegakkan Dakwah Sunnah di Ranah Minang

Posted on 12 Juni 2012, in Fatwa and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Ass wwb. Bebas berpendapat ustazt. Saya 100% tidak ikut. Tidak mau menyepelekan pengetahuan Al Quran , hanya urusan jenggot. Rasulullah saw diutus untuk urusan al Quran (hafal dan tau artinya), bukan ngurusin Jenggot. Berimakmum pada yang berjenggut yang cuma hafal Qulhu, Magrib Qulhu, Isaya Qulhu, Subuh Qulhu, kapan makmum jadi pintar. Lebih baik bermakmum pada anak smp yg hafal Juz amma. Apa iya Amir bin Salamah yg “masih umur SD” sudah jenggotan??.. Banyak yg berjenggot, rajin shalat Jumat, tapi yang jadi pegangan hanya hadis Bukhari no 24 . tidak tau Annahal 90, yg dibaca khotib di akhir khutbah, tidak taul AtTagabun 12, AlBaqarah 256 dll. Banyak yg berjenggot rajin mebangun menara masjid, disekitarnya banyak orang miskin yg lapar , bangun masjid, mutawattir, tapi menara tidak disyariatkan, tapi orang miskin???

    Maaf, sekali lagi bebas berpendapat.
    Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: