Khuruj (Jalan-Jalan) bersama Jama’ah Tabligh


khuruj_jalan-jalan

Berikut ini adalah kutipan dari dua fatwa ulama ahli sunnah tentang hukum khuruj bersama Jamaah Tabligh. Yang pertama adalah fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baazsedangkan yang kedua adalah fatwa Syaikh Shalih al Fauzan.

جماعة التبليغ ، والصلاة في المساجد التي فيها قبور
س : سؤال من : م . ع- من أمريكا يقول : خرجت مع جماعة التبليغ للهند والباكستان ، وكنا نجتمع ونصلي في مساجد يوجد بها قبور ، وسمعت أن الصلاة في المسجد الذي يوجد به قبر باطلة فما رأيكم في صلاتي وهل أعيدها؟ وما حكم الخروج معهم لهذه الأماكن؟

Jamaah Tabligh dan Shalat di Masjid yang di Dalamnya Terdapat Kuburan

Pertanyaan dari seseorang yang berdomisili di Amerika
Penanya mengatakan, “Aku ikut khuruj bersama Jamaah Tabligh ke India dan Pakistan. Kami berkumpul dan shalat di masjid-masjid yang di dalamnya terdapat kuburan. Aku pernah mendengar bahwa shalat di masjid yang di dalamnya terdapat kuburan itu tidak sah. Apa pendapatmu tentang shalatku, apakah aku perlu mengulanginya? Apa hukum ikut khuruj bersama mereka ke tempat-tempat semisal ini?

ج : بسم الله ، والحمد لله ، أما بعد :
جماعة التبليغ ليس عندهم بصيرة في مسائل العقيدة فلا يجوز الخروج معهم إلا لمن لديه علم وبصيرة بالعقيدة الصحيحة التي عليها أهل السنة والجماعة حتى يرشدهم وينصحهم ويتعاون معهم على الخير ؛ لأنهم نشيطون في عملهم ، لكنهم يحتاجون إلى المزيد من العلم ، وإلى من يبصرهم من علماء التوحيد والسنة .
رزق الله الجميع الفقه في الدين والثبات عليه .

Syaikh Ibnu Baaz mengatakan, “Bismillah wal Hamdu lillah. Amma Ba’du.
Jamaah Tabligh itu tidak memiliki ilmu tentang berbagai permasalahan akidah. Oleh karena itu, tidak boleh khuruj bersama mereka kecuali bagi orang yang memiliki ilmu dan pengetahuan tentang akidah yang benar. Itulah akidah ahli sunnah wal jamaah. Dengan demikian orang tersebut bisa membimbing dan menasehati mereka serta bisa tolong menolong bersama mereka dalam kebaikan.

Mereka adalah orang-orang yang bersemangat dalam kerja dakwah namun mereka memerlukan tambahan ilmu. Mereka juga memerlukan ulama yang faham tentang tauhid dan sunnah yang bisa mengajari mereka.

Moga Allah memberikan kepada semuanya pemahaman yang baik tentang agama dan konsisten dengannya.

أما الصلاة في المساجد التي فيها القبور فلا تصح ، والواجب إعادة ما صليت فيها ؛ لقول النبي صلى الله عليه وسلم : لعن الله اليهود والنصارى اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد متفق على صحته ،

Shalat yang dikerjakan di dalam masjid yang ada kuburan di dalamnya itu tidak sah. Anda memiliki kewajiban untuk mengulangi shalat yang telah anda lakukan di dalam masjid tersebut. Dalam masalah ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Allah itu melaknat orang-orang Yahudi dan Nasrani. Mereka menjadikan kuburan para nabi mereka sebagai tempat ibadah” (HR Bukhari dan Muslim).

وقوله صلى الله عليه وسلم : ألا وإن من كان قبلكم كانوا يتخذون قبور أنبيائهم وصالحيهم مساجد ألا فلا تتخذوا القبور مساجد فإني أنهاكم عن ذلك أخرجه مسلم في صحيحه . والأحاديث في هذا الباب كثيرة .
وبالله التوفيق ، وصلى الله على نبينا محمد ، وآله وصحبه وسلم .

Dalil yang lain adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Ingatlah, orang-orang sebelum kalian itu menjadikan kuburan para nabi dan orang-orang shalih di antara mereka sebagai tempat ibadah. Ingatlah janganlah kalian jadikan kuburan sebagai tempat ibadah. Sungguh aku melarang hal tersebut” (HR Muslim).

Hadits-hadits tentang hal ini banyak sekali”.

نشرت في مجلة الدعوة في العدد ( 1438 ) بتاريخ 3 / 11 / 1414 هـ .

Fatwa ini pertama kali dipublikasikan di majalah ad Dakwah edisi 1438 tanggal 3 Dzulqa’dah 1414 H [Fatwa Syaikh Ibnu Baz ini ada di Majmu al Fatawa wa al Maqolat al Mutanawi’ah jilid 8 hal 331. Bisa juga dilihat di buku Kasyfu as Sattar karya Muhammad bin Nashir al ‘Uraini hal 68-69].

Dari fatwa ini kita bisa mendapatkan beberapa pelajaran:

  1. Hukum khuruj bersama Jamaah Tabligh itu pada asalnya haram kecuali seorang yang berilmu (baca: ustadz salafy) yang diharapkan bisa membimbing mereka kepada akidah dan cara beragama yang benar.
  2. Tolong menolong atau kerja sama dengan Jamaah Tabligh asalkan dalam kebaikan itu diperbolehkan. Namun ingat tolak ukur kebaikan itu timbangan syariah, bukan sekedar perasaan.
  3. Dalam fatwa di atas Ibnu Baz memuji Jamaah Tabligh dalam sisi semangat dalam kerja dakwah. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua pujian kepada kelompok yang dinilai sesat itu terlarang tanpa terkecuali. Yang benar hukum tindakan semacam ini tergantung motif dan konteks pembicaraan.
  4. Sisi kebaikan yang dimiliki sebuah kelompok ‘bermasalah’ tidaklah menghalangi kita untuk mengingatkan orang lain terhadap bahaya kelompok tersebut. Dalam fatwa di atas, sisi kebaikan yang ada pada Jamaah Tabligh tidak menghalangi Ibnu Baz untuk melarang khuruj bersama mereka bagi orang yang tidak memiliki ilmu.

و المقصود جماعة التبليغ التي شغلت الناس في هذا الزمان و هي جماعة ضالة في معتقدها و منهجها و نشأتها كما وضح ذلك الخبيرون بها مما تواتر عنهم مما لا يدع مجالا للشك في ضلال هذه الجماعة و تحريم مشاركتها و مساعدتها و الخروج معها فيجب على المسلمين الحذر منها و التحذير منها.

Syaikh Shalih al Fauzan mengatakan, “Intinya, Jamaah Tabligh yang telah menyita perhatian banyak orang di zaman ini adalah kelompok yang sesat dalam akidah, jalan beragama dan awal tumbuhnya sebagaimana penjelasan orang-orang yang benar-benar mengetahui mereka. Penjelasan para pakar dalam hal ini banyak sekali.

Hal ini menyebabkan tidak ada lagi tersisa ruang untuk meragukan kesesatan kelompok ini. Haram hukumnya berperan serta dan membantu acara-acara mereka serta khuruj bersama mereka.

Seluruh kaum muslimin memiliki kewajiban untuk mewaspadai mereka dan mengingatkan orang lain agar tidak mengikuti mereka” (Kata pengantar Syaikh Shalih al Fauzan untuk buku Kasyfu al Sattar karya Muhammad bin Nashir al ‘Uraini hal 5).

Dari penjelasan Syaikh Shalih al Fauzan ini kita bisa membuat kesimpulan bahwa hukum khuruj bersama Jamaah Tabligh menurut beliau haram secara mutlak. Kita simpulkan demikian, karena beliau tidak memberi pengecualian.
Dari uraian di atas bisa kita simpulkan bahwa hukum khuruj bersama Jamaah Tabligh itu diperselisihkan, ada yang melarang secara mutlak semisal Syaikh Shalih al Fauzan atau memberi pengecualian dalam kondisi tertentu sbagaimana penjelasan Ibnu Baz.

Oleh karena itu dalam masalah ini dan yang semisal hendaknya kita tidak memakai ‘kaca mata kuda’ sehingga menilai masalah yang diperselisihkan di antara para ulama ahli sunnah sebagaimana masalah yang menjadi konsesus semua ulama ahli sunnah.

Sumber: http://ustadzaris.com

About admin

Berjuang menegakkan Dakwah Sunnah di Ranah Minang

Posted on 29 Agustus 2012, in Fatwa, Manhaj, Nasehat and tagged , , , . Bookmark the permalink. 24 Komentar.

  1. syukur masih ada yang jalan-jalan menebarkan sunah, dari pada duduk di mimbar menebarkan kebohongan

    • jamaa’ah tabligh jalan-jalan bukan menebarkan sunnah, tapi bid’ah. Sunnah apa yang kalian sebarkan, kalau kalian tidak memiliki ilmu, kemaren baru taubat, langsung khuruj, ilmu apa yang kalian sebarkan. kebohongan apa yang disampaikan oleh yang dimimbar, apa anda bisa mendatangkan buktinya….

      • Lho katanya Ahlul ilmu, Kenapa tulisan saya dihapus? Seharusnyakan dijawab, janganlah seperti LAANGAUUU HIIIJAU. sibuk mencari aib orang lain ya? lupa aib sendiri, saya sudah mengungkapkan kebohongan kamu, jika engkau benar datangkan hujjahmu, jangan seperti pengecut (lempar batu sembunyi tangan) kalau terpojok mengelak dengan menghapus/delete itu bukan sifat salafiyun tapi sifat seorang munafik (kalau berbicara bohong, berjanji mungkir, dipercaya berkianat) DIDUNIA ANDA BISA MENGELAK DENGAN MEN DELETE TAPI DIAKHIRAT APAKAH ANDA MASIH BISA MENGELAK? Dimanakah letak TAUHIDMU? Apakah hanya sebatas bibir saja?
        Blog ini tak obahnya seperti kelompok SALAFI (SALAH FIKIR) yang lain mengaku penegak tauhid dan sunnah TETAPI menebarkan fitnah kemana-mana. Fitnah yang disebarkanpun itu-itu saja dari sumber yang sama dengan mengutip perkataan ustadnya yang sama.
        Sadarlah wahai MUSLIMMINANG dari komentar-komentar anda tampak sekali kesombongan kamu sehingga terjauh dari akhlakulkarimah, sifat dan akhlaknya jauh dari shalafus sholeh. Kalau kamu tak faham tentang Jamaah Tabligh lebih baik diam, jangan ikut-ikutan menebar fitnah seperti ustad anda itu.
        : “Sesungguhnya orang-orang yang memfitnah muslimin atau muslimat kemudian mereka tidak bertaubat maka bagi mereka disediakan neraka jahannam yang akan membakarnya”.
        “Boleh jadi kaum yang kalian olok-olok itu justru lebih baik dari kaum yang mengolok-olok”. (Q.S Al-Hujarat : 11)

      • Saya sudah membuktikan kebohongan kamu MUSLIMMINANG, kenapa dihapus! takut ketahuan sama orang bohongnya ya? kemukakanlah hujjahmu, katanya kamu orang berilmu sehuhingga mencap orang tabligh bodoh-bodoh dan ahli bid’ah.

        Dari komentar-komentar kamu nampaknya kamu faham tentang kurujnya orang tabligh yang kamu cap ahli bid’ah jika kamu betul sebutkan satu bid’ah yang dilakukan orang tabligh selama kuruj?

  2. mengajak pd kebaikan kq malah dipermaslahkan…
    liat dirimu dlu,,udah bermanfaat g buat orang lain?
    klo cm ngoceh d mimbar mending jd pastur aja

    • semoga Allah memberimu hidayah kejalan yang benar, bearti kamu sudah mengatakan Para Nabi dan Rasul berserta Para Sahabat, dan Ulama Kaum Muslimin Sudah menjadi Pastur, karena merekalah yang berdakwah di atas mimbar. Dimimbarlah mereka mengajarkan Islam kepada manusia, disamping berdakwah secara langsung ke individu tertentu. Mereka membekali diri dengan ilmu dan amal. Jadi kayaknya anda lebih hebat dari pada mereka. sehingga anda mengatakan orang yang berdakwah dimimbar sudah menjadi pastur??? Msyaallah, memang beginilah dakwah kalian, yang mengajak orang ke jalan kebodohan dan kebengisan, sadarlah anda……

    • mengajak pada kebaikan yang dak jelas arahnya, kemana bos. ente sok muslim sendiri, jalan-jalan untuk dakwah apa bos, ente aja dak punya ilmu. buktinya lgsung mengarahkan sesama muslim jd pastur, klo alim ya dak gitu ngomongnya……..

    • Alhamdulillah.. saya kenal agama dan termotivasi untuk sholat berjamaah disebabkan ikut jemaah tabligh.
      Jemaah ini sebenarnya tidak punya nama. Mereka bergerak dengan diri dan harta pribadi. Meluangkan waktu hidul sebulan sebesar 10%, yaitu 3 hari untuk menyibukkan diri atas perkara agama.
      Saya sendiri bukan orang udik dan Alhamdulillah Allah titipkan harta yg cukup bagi keluarga saya.
      Tetapi lebih bersyukur karena sekarang saya lebih paham buat apa kita hidup yg sebentar ini.

  3. niatkanlah semuanya karena Alloh, nanti akan Alloh perbaiki kekurangan-kekurangan kita,mari kita singkirkan kesombongan kita akan ilmu dan amal,kita bangun ikramul muslimin yang akan menjadi gerbang silaturahim, sling memahami,saling memperbaiki dan saling melengkapi.bersatulah kawan. kita adalah umat Rosululloh yang sama-sama sedang belajar

  4. Sok pintar Loe, padahal ribuan anak2 jemaah tabligh menjadi hafiz qur’an. terbukti dimana2..jangan bodoh dan membodohi. Wahabi hanya bisa mencaci jemaah.

    • anda salah, khawarij mereka adalah orang yang lidahnya basah dengna ayat alqur’an, namun mereka tetap dipanggil oleh Rasulullah sebagai anjing-anjing neraka. jadi yang jadi patokan adalah Aqidah yang bersih, dan yang alim dalam qur’an. Bukalahlah diri dan belajarlah dan seringlah membaca kitab-kitab ulama

  5. Insya Allah dawah fisabilillah,utk perbaikidiri bukan menyombongkandiri, apa artinya berilmu tpi tdk disedekahkan apaartinyaberilmu tpi dikomersilkan alias ustad amplop…kalo memang JT sttatusnya sesat kenapa depag dan MUI tdk beranibubarin…sesatnya dimana?…dri mulai adzan sampai wudhu trs sholat semuanya sama, tdk pake tepuk tangan…sesatnya dimana?

  6. Masya ALLOH,semakin jelaslah perbedaan orang yg ber ilmu dg orang yg tidak ber ilmu,beda orang yg mengikuti sunnah yg benar dg yg mengikuti hawanafsunya

  7. tdk mudah mengharamkan sesuatu perlu ada landasan hukum yg bersumber dari alquran dan assunah

    • benar, dengan dalillah yang bisa menetapkan halal dan haram (boleh dan tak boleh) sesuatu. kama untuk melihat seseorang melakukan sesuatu, lihat dulu dalilnya

      • ass. mohon maaf bukan maksud ana mau gini atau gitu…..renungkanlah apa yang anda kerjakan….jangan terlalu banyak bicara ataupun berdebat walaupun berdebat itu adalah hal yang baik…namun yang terpenting adalah silahkan berdakwah karena itu adalah perbuatan yang mulia….namun janganlah berdakwah apabila sanak keluarga dirumah masih membutuhkan kebutuhan sehari-hari, karena sesungguhnya menelantarkan sanak keluarga itu adalah perbuatan yang tidak baik dan karena tidak baiknya perbuatan itu maka tidak ada artinya kita melakukan dakwah kesana kemari, ibarat memberikan sebuah kain kepada orang yang tidak kita kenal, sedangkan sanak keluarga kita biarkan dalam keadaan telanjang….hal ini sungguh sangat lucu,……maksud hati itu baik…..namun salah cara melakukan kebaikan….sehingga kebaikan yang kita lakukan tidak mendapatkan ridho dari allah….karena tidak adanya ridho dari allah, maka yang akan terjadi hanyalah sebuah fitnah yang datang dari perbuatan taklid……dan karena timbulnya perbuatan taklid maka datanglah sifat riya’, walaupun kadangkadang lisan mengatakan niat saya bukan untuk itu atau untuk ini, dan perlu kita ketahui bahwa,,,,,,niat tidak selamanya akan dibarengi dengan perkataan hati yang paling dalam kadangkadang niat hanya akan muncul dari lisan dan keadaan lingkungan….bersambung dan wallahu a’lam bisshowab

  8. baru belajar alif ba ta tsa sudah berani mengatakan org sesat..
    ente simak to hadist Rasulullah saat melepas Mu’adz ra ke yaman ..
    klo ente udah baca.. gk tau juga makna nya.. gk usah ngomong panjang lebar, dn mengatakan org lain tu sesat..
    dan baca juga hadist tentang kisah rasulullah kedatangn tamu Iblis.. ente fahami tu ye,, sifat2 iblis,
    kalo menurut ane,
    pas tu seperti ente2 salaf..
    kalo ente koment juga ni pesan, dengan jawaban ente2 yg sok bener se dunia..
    gk salah lagi dah.. iblis tu sangat gemar menyesat kan manusia..
    dan gk perlu kompromi dengan mereka..
    satu lagi.. baca juga Hadist Rasulullah saat sahabat ingin mengikuti nya ..
    dikit aje nih,, ana kagak begitu hapal..
    Rasulullah membisikan ke telinga nya sahabat trsbut,, “jika kau ingin mengikuti ku,, bersiaplah untuk Miskin,,
    ente para salaf kn takut miskin ,, kagak brani korban kn harta dn jiwa serta keluarga di jalan Allah.. tu ada ayat nya di Al Qur’an.. bisa juga ente belum pada baca .. karna sibuk baca hadist aja dn sibuk menyesat2 kn org lain..
    sekuat apa pun ente ingin hancur kn jemaah tabligh,,
    ente kerah kan seluruh tenaga ente sampai mencretpun..
    jemaah tabligh akan tetap berdiri dan semangkin kuat,,

    jangan Bicara soal jemaah tabligh ente..
    karena ..
    salah satu Ulama besar jemaah tabligh berkata,,
    ”kentut nya jemaah tabligh pun ente belum tau..
    bagai mana ente bisa mengatakan jemaah tabligh sesat..

    sallam ukhuwah buat ente..

    ente mw balas jawab apa keq.. mw bilang apa keq,,
    mw sampai mampus pun ente kgak ade yg peduli..
    kalau hidup saja sudah berani mengatakan orang sesat..
    entarente pun jwb no sama malaikat kubur,,
    ” malaikat;; ”siapa tuhan mu..
    ente jwb;; ”siapa kamu, datangi tempat tinggal ku .. ”kamu bid’ah,, kamu sesat..

    hati”, biasa kan bibir basah dengan berzikir, duduk mw pn berdiri atw apa pun itu,,
    jangan biasakan menghujat dan sibuk memikir kn jemaah tabligh dengan menuduh nya sesat,,
    gk usah sok mikiri Umad Nabi Muhammad kalo cuma duduk ngangkrem kayak ayam bertelur..
    jwb no sepuas ente..
    paling otak ente sendiri yg sakit ..

  9. assalamu’alaikum..
    mari bersama2 mengkaji :
    -Jamaah Tabligh didirikan oleh seorang sufi dari tarekat Jisytiyyah yang berakidah Maturidiyyah dan bermadzhab fiqih Hanafi. Ia bernama Muhammad Ilyas dari daerah India.
    Asy-Syaikh Abdurrazzaq ‘Afifi berkata: “Khuruj mereka ini bukanlah di jalan Allah, tetapi di jalan Muhammad Ilyas.
    (sumber http://www.akhirzaman.info/islam/miscellaneous/1551-membongkar-kedok-jamaah-tabligh.html & http://www.asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=153).
    -PENGAKUAN MANTAN JAMAAH TABLIGH (http://mantanjt.blogspot.com/)
    -Tuntutan kita yang paling utama adalah al-qur’an dan hadist, jika ada yang yg melanggar dari keduanya maka jauhilah.
    -Kalau ingin sempurna belajar….datanglah ke asalnya dan carilah guru yang baik.
    bersambung……

    wassalam

    • selama aq hudup aq rasakan geram kali dengan aliran wahabini,bangsat kalian.apakah kalian akan menjadi bangsat terus sampaivkalian mati.berfikir dan bertoubatlah macan ibn tamiah san sfdn bn baz yg toubat dr fatwanya yg sesat sblum mningal.boleh tengok d web.toubatnya ulama wahabi sblum mningal.ok.for wahabi salafi fuc u salafi=salah fikir
      sbenarnya saya nak memaki mreka se bnyak2 nya tp sy fikir rugi juga masa saya u/ org org bodoh bodoh bodoh dan bodoh..bodoh bodoh

  10. Arie bin Abu Malangi

    Kalo menurut ustad, Alloh benci orang Tabligh yang khuruj 3 hari atau orang salafy yang 3 hari ikut bertanding olah raga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: