Yang Dimaksud Sunni dan Syi’ah


Syi’ah – Sunni Geography

Tanya: selama ini saya sudah tahu tentang Islam syiah dan suffi tetapi belum pernah tahu tentang islam sunni! Bagaimanakah ajarannya apakah sama dengan ajaran ahlus sunnah atau menyimpang? 0274 xxxxx

Jawab:

Sunni adalah istilah lain untuk ahlus sunnah, tidak ada perbedaan di antara dua istilah ini. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa istilah ahlus sunnah mengandung dua makna, makna luas dan makna sempit.

Tentang makna luas dari ahlus sunnah penulis buku al Wajiz fi ‘Aqidah al Salaf al Shalih Ahlis Sunnah wal Jamaah pada halaman 34 mengatakan, “Sedangkan makna yang lebih luas untuk istilah ahlus sunnah wal jamaah adalah mencakup semua orang yang mengaku dirinya sebagai seorang muslim selain Rafidhah (baca:syiah). Terkadang pula istilah ahlis sunnah digunakan untuk sebagian ahli bid’ah karena mereka bersesuaian dengan ahli sunnah yang murni dalam beberapa permasalahan akidah dan berlawanan dengan akidah aliran-aliran sesat. Akan tetapi penggunaan istilah ahli sunnah dengan pengertian ini lebih jarang dipergunakan oleh para ulama ahli sunnah karena hanya terbatas pada beberapa permasalahan akidah dan berlawanan dengan beberapa aliran sesat tertentu. Misalnya adalah penggunaan istilah ahli sunnah sebagai lawan dari rafidhah (baca:syiah) terkait masalah khilafah dan sikap terhadap para shahabat Nabi dan perkara akidah lainnya”.

Sedangkan pengertian sempit untuk istilah ahli sunnah adalah ahli sunnah ialahorang-orang yang berpegang teguh dengan ajaran Nabi dan para shahabat serta orang-orang yang mengikuti mereka dan meniti jalan mereka baik dalam permasalahan akidah, perkataan dan perbuatan. Mereka adalah orang-orang yang komitmen untuk mengikuti Nabi dan menjauhi bid’ah. Mengikuti jalan mereka dalam beragama adalah hidayah sedangkan menyelisihi mereka adalah kesesatan.

Definisi ini disimpulkan dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang golongan yang selamat dari kesesatan di dunia dan selamat dari neraka di akherat.

قَالُوا وَمَنْ هِىَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِى

Para shahabat bertanya, “Siapakah mereka wahai rasulullah?”. Beliau bersabda, “Orang yang mengikuti ajaranku dan shahabatku dalam beragama” (HR Tirmidzi no 2641 dari Abdullah bin ‘Amr, dinilai hasan oleh al Albani).

Abdullah bin Abdul Hamid mengatakan, “Inilah makna sempit untuk istilah ahli sunnah wal jamaah. Dengan pengertian ini maka semua golongan ahli bid’ah tidak termasuk ahli sunnah” (al Wajiz fi ‘Aqidah al Salaf al Shalih Ahlis Sunnah wal Jamaah hal 33, terbitan Dar ar Royah).

Perlu diketahui bahwasanya sangat tidak layak menyandingkan Islam dengan syiah karena ada perbedaan yang sangat menjolok antara ajaran Islam dan ajaran Syiah. Di antara keyakinan Syiah adalah menyakini bahwa al Qur’an yang ada di tangan kaum muslimin seluruhnya adalah palsu, mengkafirkan para shahabat, menuduh ibunda kita Aisyah sebagai seorang pelacur dan lain-lain. Dengan keyakinan-keyakinan semacam jadilah syiah seakan-akan agama tersendiri di luar Islam

[Konsultasi dari Majalah Swara Qur’an]

http://ustadzaris.com

Iklan

About admin

Berjuang menegakkan Dakwah Sunnah di Ranah Minang

Posted on 29 Agustus 2012, in Agama syiah, Video dan Foto, Wawasan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Ane Ali al Mujtaba bermubahalah “Syi’ah Ali adalah menggunakan ajaran Islam yang paling murni berasal dari Rosulullah melalui ahlul baytnya yang suci. Yang mengatakan syi’ah sesat maka dialah yang sesat sedang yang mengatakan syi’ah kafir maka dialah yang kafir.” Jika pernyataan ane ini salah maka ane akan diberi adzab oleh Alloh dengan siksaan yang sangat pedih mulai detik ini juga sampai akhir hayat ane. Jika hal ini tidak terjadi maka penghujat syi’ah adalah nmusuh Alloh, Rosul, dan ahlul baytnya yang suci

    • lebih baik anda mengurungkan niat mubahalla anda, dan kembalilah anda kepada agama yang benar dan bertaubatlah dari agama syiah. seluruh kaum muslimin beserta ulama telah mengingatkan dari bahaya agama syiah. kalau anda tidak mengindahkan seruan ini, semoga Allah mengabulkan permintaan anda yaitu Allah mengazab anda dengan azab yang pedih.

  2. He .. he antum mengatakan syi’ah sesat maka antum yang sesat jika antum mengatakan syi’ah kafir maka antum yang kafir! Mubahalah ane di atas bukti kebenaran madzhab syi’ah! Jika antum memusuhinya maka antum adalah musuh Alloh Rosul dan ahlul baytnya yang suci! Kalau tidak percaya antum buktikan dengan meminta keadilah Alloh SWT yang maha adil dengan mubahalah!

  3. lo kira. lo lebih soleh dari sahabat nabi., mengkafirkan sebagian sahabat nabi ???
    sebesar gunung uhud lo sedekah perbandingannya separo telapak tangan aja sedekah sahabat nabi, dan tidak akan bisa lo menyamai pahalanya. dan Allah telah menjamin untuknya Syurga, lalu ente dan kita ?? boro2 Surga , dosa aja segunung
    Perbanyaklah Istighfar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: