Kafarat / Tebusan Bila Melanggar Sumpah


Tanya: Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Apa yang harus kita lakukan jika kita melanggar janji/sumpah kepada Allah SWT? apa kafaratnya? Jawabannya mohon diperkuat dengan ayatullah dan hadist yang shahih. Jazakumullah.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
(Ruri Fitradi)

Jawab: Wa ‘alaikum salam wa rahmatullah wa barokatuh. Saudara Ruri -semoga Allah menjagamu-, mengenai janji dan sumpah atau Nadzar dan Yamin, perlu diketahui bahwa para ulama merangkaikan pembahasannya, karena keduanya saling berdekatan dalam hal ahkam. Masing-masing bertujuan sebuah ta’kid (pengukuhan), hanya saja tuntutan nadzar / janji ialah memenuhi terhadap janjinya, sedangkan yamin / sumpah ialah memenuhi sumpahnya atau membayar kafarat.

Nadzar terbagi dua: nadzar yang bersifat ketaatan dan yang tidak, adapun nadzar yang harus dipenuhi ialah yang bersifat ketaatan, sebagaimana sabda Nabi SAW, “Barangsiapa yang bernadzar untuk taat kepada Allah, maka taatilah dan barangsiapa yang bernadzar untuk bermaksiat kepadaNya, maka janganlah bermaksiat padanya.” (HR Bukhari no. 6696 dari sahabat ‘Aisyah RA).

Kemudian berkaitan dengan firman Allah, “Mereka menunaikan nadzar …” (QS Al Insan: 7), telah disebutkan oleh Ath Thabari dengan sanad yang shohih dari Qatadah bahwa mereka (dalam ayat itu) bernadzar dalam rangka taat kepada Allah. Dengan demikian jelaslah, menunaikan nadzar yang dimaksud ialah nadzar yang bersifat ketaatan.

Adapun yamin, ini terbagi empat bagian, dua di antaranya yang ada kafaratnya, dan dua yang lainnya masih diperselisihkan. Kedua yamin yang ada kafaratnya ialah: pertama, seperti ucapan “Demi Allah, aku tidak akan berbuat begini dan begitu”, lalu ia melakukannya. Kedua, seperti ucapan “Demi Allah, aku pasti akan berbuat begini dan begitu”, tapi ia tidak melakukannya, dan masih ada lagi pembagian yamin yang lainnya.

Maka jika saudara bernadzar dengan nadzar taat dan tidak melakukannya atau bersumpah dengan sumpah yang ada kafaratnya, kemudian melanggarnya, dan ingin membayar kafaratnya, maka kafarat nadzar ialah seperti kafarat yamin / sumpah, berdasarkan sabda Rosulullah, “Kafarat nadzar ialah kafarat yamin.” (HR Muslim no. 1645 dari sahabat Uqbah bin Amir). Sedangkan kafarat yamin telah dijelaskan dalam firman Allah, “Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah) tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kafarat sumpah itu ialah:

  1. Memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu,
  2. Atau memberi pakaian kepada mereka,
  3. Atau memerdekakan seorang budak.

Barangsiapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kafaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kafarat sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar).” (QS Al Maidah: 89).

Wal ilmu indallah.

http://www.salafy.or.id

About admin

Berjuang menegakkan Dakwah Sunnah di Ranah Minang

Posted on 7 September 2012, in Fatwa, Hukum Islam and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 47 Komentar.

  1. Ustadz, kafarat memberi makan 10 orang miskin itu hanya 1 hari atau untuk seterusnya dan apakah satu kali pemberian atau 3 kali pemberian (asumsi 3 kali
    makan)? mohon jawabannya.

  2. assalamualaikum,
    saya memiliki masalah dgn
    sumpah, saya telah bersumpah dan
    ingn membatalkannya. untk
    membayar kafarat sy tdk mampu
    krna msh pelajar dan d tetangga
    tetangga saya hx ada 1 org miskin.
    apa yang dapat sya lakukan?

    • wa’alaikmumsalam. Adek, semoga Allah menyayangimu. kafarat sumpah itu ialah:
      – Memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu,
      -Atau memberi pakaian kepada mereka,
      -Atau memerdekakan seorang budak.

      Barangsiapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kafaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kafarat sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar).” (QS Al Maidah: 89).

      jadi ade, jikalau tak mampu dari yang tiga tadi maka adek cukup berpuasa selama 3 hari. wallahu’alam

  3. Assallamualaikum ustad.
    Kakak saya pernah bersumpah dulu demi Allah klw dia tidak akan kembali lg k rmh istrinya dan itu prnah terucap dua kali..
    Nah skrg keadaan berbeda dan ingin kembali pada istrinya, bagaimana itu ustad??
    Apkah bisa jg mnggunakan cara memberi makan kaum miskin untuk melanggar sumpahnya..
    Terimakasih

  4. ass.sy pernah bilang kalau saya dilamar oleh pria saya akan puasa 4hari dlm 1minggu sampai hari pernikahan.sebulan kemudian sy dlmar . apa itu termasuk nazar atau bukan ? klau iya sy tdk bisa melaksanakan nya krna jarak lamaran k pernikahan kurang lebih 4bulan ? jadi apa yg harus sy lakukan ?

  5. assalamu’alaikum..

    trimakasih informasinya pak ustatd.. itu sangat membantu sekali..

  6. assalamu’alaikum..
    pak ustadz, saya punya 2 pertanya.an.

    1- kalau janji/sumpahnya anak belum baligh wajib di patuhi atau tidak?
    2- kalau janji/sumpah yang kita langgar ada dua, kifaratnya harus dua kali lipat atau tetap segitu?
    mohon jawaban.nya, saya sangat membutuhkan.

    sebelumnya trimakasih.

  7. assalamualaikum wr wb
    tolong masukan nya,
    tadi malam saya mengancam kata-kata pada istri saya yg sedang hamil tua.”kalau kamu keluar dari pintu kamar,saya akan talak kamu,tapi waktu itu istri saya gak keluar,tapi pagi nya di keluar,apakah saya harus ijab lagi ust?mohoh penjelasannya.
    assalamualaikum wr wb

  8. Assalamu’alaikum

    Ustadz, ada teman ana tanya jika kafarat karna zina atau berhubungan dengan istri memberi makan 60 orang fakir miskin, apakah sama dengan kafarat sumpah yaitu 1 kali makan fakir miskin?

  9. Assalaamu’alaikum Ustadz,
    kalo kita bersumpah dan ingin membatalkannya, maka yang harus di lakukan apakah membayar kafarat dulu atau membatalkan sumpahnya dulu

  10. puasa yang tiga hari itu apakah berturut-turut atau tidak ustadz?

  11. assalamualaikum ustadz…cara memberi makan fakir miskin itu boleh nggak hari ini 1 orang besok 1 orang lagi sampai hari ke 10 dengan orang yang berlainan ? thx

  12. Bolehkah memberi makan nya melalui uang saja? Tetapi sesuai dengan nominal makanan yg biasa makan dirumah

    • Dalam masalah ini, tiada keikhlasan dalam menembus dosa, adalah dengan menjalankan perintah Rasulullah. Beliau menyuruh dengan memberi makan, dan begitulah yang pernah di jalani oleh para sahabat. Maka hal terbaik adalh mengikuti langkah mereka. Ulama mengatakan tidak boleh di bayar dengan nilai (uang) berdasarkan dalil dalil yang kuat. smoga Allah melapangkan dan menerima pahala amal kita, amin

  13. Assalamu’alaikum.
    Dulu sy pernah berjanji tdk akan menikah sblm hfl juz 30, tp skr usia sy sdh hmpr 30 dan bru hfl 23 srt di jus 30.
    Bolehkah sy membatalkannya dan mbayar kafarat,
    Dan untuk hafalannya msh sy lakukan, krn niat sy menghafal bkn untuk mencari istri.
    Terima kasih.

  14. Assalamualaikum wr. Wb
    ustadz mau tanya, kalau kita bersumpah untuk tidak melakukan maksiat dengan sumpah jika melanggar akan meyedehkakan seekor kambing dan puasa 3 hari, apakah boleh diganti dengan kafarah sumpah ustadz. Terima kasih.
    Assalamualaikum wr. Wb

  15. Ustad saya kan belum mampu untuk memberi makan 10 fakir miskin apakah saya bisa menggantinya dengan puasa 3 hari

  16. Ustaz… jika saya seandainya bersumpah tiga macam sumpah yg berbeda, lalu saya melanggar sumpah itu, lalu saya ingin menebusnya dgn berpuasa 3 hari , bagaimana sebaiknya saya menebus sumpah itu … apakah dgn berpuasa tiga hari tiga kali atau tiga hari saja?

  17. Apa yg terjadi kalau kita belum membayar kafarat? Apa ibadah tidak diterima atau semacamnya?

  18. Ustd, saya udh melanggar janji saya, dan janji saya ada dua. Tp saya langgar kedua2nya, dan itu sudah sering dan saya blum bayar kafaratnya. Jadi saya harus apa Ustd?

    • silakan tunaikan segera janjinya, kalau itu berhubungan dengan kebaikan, namun kalau janjinya kepada perbuatan dosa dan maksiat, tinggalkan janjinya dan segera bayar kafarat sumpahnya. semoga Allah memberikan kemudahan dalam menjalankan ketaatan kepadaNya.

  19. ustadz’ saya pernah bersumpah waktu itu, tidak akan bertemu dengan lelaki masalalu saya, dan sekarang saya ingin membatalkan sumpah saya itu, niat nya saya ingin memberi makan untuk 10 orang miskin, apakah bila saya sudah memberi makan ke orang miskin, apakah sumpah saya itu sudah batal? atau masih ada yg saya lakukan ..
    ataukah ada doa doa tertentu saat saya memberi makan ke orang miskin agar sumpah saya itu batal ?
    mohon penjelasan nya.. makasih

    • dengan telah memberi makan 10 orang miskin insyaallah kaffarat sumpah sudah terpenuhi. Seringlah bertaubat kepada Allah, agar Allah menerima taubat antum. semoga Allah memberkahi dan menerima taubat antum.

  20. ustadz,jika masih pelajar kan belum mendapat penghasilan sendiri hanya mendapat uang dari org tua/bulan.jika saya minta uang orang tua untuk membayar kafarat saya mampu,tapi apa lebih baik begitu atau puasa saja?

  21. Assalamu’alaikum
    Pak ustadz dulu saya seperti (agak lupa) pernah berkata “Ya allah jika aku kelakukan ini hukum aku” tapi saya malah melakukannya dan saya takut akan dihukum, apa yang harus saya lakukan pak ustadz? Apakah melakukan kafarat? Tetapi saya hanyalah seorang pelajar 😦
    Terima kasih

  22. Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh
    Pak ustadz saya agak ragu (lupa) jika dulu saya pernah berkata “Ya allah jika aku melakukan onani lagi aku masuk neraka” lalu saya khilaf dan melakukan onani.
    Jika memang benar saya dulu pernah berkata seperti itu apa yang harus saya lakukan, apakah cara mengampuni untuk saya?
    Saya benar benar takut pak ustadz 😦
    Terima kasih

    • Walaikumussalam. akhi semoga Allah mencintai dirimu dan mengokohkan kamu di Jalan kebenaran. Bertaubatlah kepada Allah dan bertemanlah dengan ornag -orang shaleh. Rajinlah menuntut ilmu agama dengna menghadiri makelis ilmu.

      • faisal akhdaan dzaki

        Pak ustadz apakah ada kifarat atau kafarat untuk menghapus dosa sumpah palsu itu jika seandainya aku pernah berkata seperti itu? aku hanyalah seorang pelajar yang belum berpenghasilan 😦 Terima kasih

  23. Assalamyalaikum ustad. Sya menarik kmbali puasa sya dg puasa 3hr. Tp saat hari ketiga sya ada halangan. Ap sya hrus ulang dari awal. ? Atw tinggal 1hr lg. Mohon jawaban nya pak. Terimakasih

  24. ass.saya pernah brsumpah bhwa saya akan brhenti merokok, tapi sumpah tersebut saya langgar dan saya bersumpah lagi dan melanggar lagi sampai saya tidak tau lagi berapa x saya bersumpah dan melanggarnya, sekarang saya sudah berhenti total dari merokok. Karna sakit sakitan. Bgaimana cara membayar kafarat nya ?mengingat smpah yang saya lakukan sdh brkali,

  25. Assallam muaallaikum wr wb saya vicka saya pernah berjanji kepada Allah SWT bahwa akan berhijab tapi sampai saat ini saya belom berhijab tolong apa saya bisa membayar kifarat atas janji saya kepada allah Swt .terimakasih mohon d jawab yang pasti agar saya bisa mengerti wasallam muaallaikum wr wb

  26. Assalamualaikum Wr.Wb
    Maf pa uztad sya ingin bertanya saya kan pernah ngelanggar sumpah tapi saya sudah jalani puasa kafarat, tetapi niat dalam hati saya salah mengucapkan niat kafarat tersebut di saat niat saya membuat kalimat puasa sunnah kafarat, padahal itu wajib . apakah saya harus mengulangi dari nol selama 3 hari berturut turut. mohon jawabnnya pa ustad dan teman teman yang mengetahui jawabannya. Trimakash

  27. Assalamualaikum.. pak ustad sya mau nanya sya pernah janji sama temn sya terus kata dia” tpi kamu janji y” sya bilang iya tpi saya gk serius sma janji itu lalu.. sya mengingkarinya….karena janji itu membuat hal yg buruk untuk sahabat sya??
    Terus apa yg sya lakukan??..

  28. Assalamualaikum…ustad
    Sya pernah ngomong sma tmn sya trus dia bilang… hal buruk ke tmn dkt sya… tpi dia bilang janji ya kmunya…nah sya bilang iya tpi sya gk serius sma janji itu
    Karena dia udh ngomong hal buruk tentang tmn dekat sya….sya mengingkari nya
    Apa itu hukumnya ?

  29. Assalamualaikum wr.wb
    Maf pa Ustad dan teman teman saya ingin bertanya ni, kalo ada yang paham tolong di jawab ya, Saya kan lagi menjalankan puasa kafarat 3 hari berturut turut, nah saat puasa berlangsung saya baru sadar di hari puasa saya yang ke 2 bahwa niat puasa hari pertama saya itu salah karna saya dalam hati berniat membayar sunnah puasa kafarat, padahal itu wajib bukan sunnah karna saya benar benar tidak tau. apakah puasa saya batal dan haruskah saya mengulangi dari nol. Trimakasih

  30. Asssalamualaikum pak ustad…maaf pak mau cerita…
    Sya kan pernah berjanji sama temn sebangku sya. Kata dia”tpi kamu janji y”..kata sya iya…nah setelah itu dia membicarakan hal buruk kpda shbt sy…. sya gk yakin kalau sahabat sya seperti itu…shabat sya tidak melakukan hal buruk seperti itu… dia juga sudah menjelaskan semuanya sma sya..
    Lalu sya ingkari…. sya gk tau sebelumnya hukum melanggar janji 😦
    Tolong pak ustad mohon jawabannya…

  31. Assalamu’alaikum ustaz.
    Bagaimana kalau tidak bersumpah tetapi janji, misalnya “saya berjanji tidak akan melakukan maksiat lagi”. Apakah kafaratnya sama seperti bersumpah?
    Terimakasih

  32. assalamu’alaikum..
    yang bisa menjelaskan harap dijawab ya..
    apakah sebuah janji yang telah sengaja di ingkari..sudah cukup hanya membayar kafarat?? (puasa 3 hari)
    lalu bagaimana dengan rasa sakit hati dan kecewa yang ditinggalkan karna janji yang telah di ingkari tersebut?
    padahal saya sudah sangat percaya janji itu dan menunggunya selama bertahun2..

  33. Ustad klo saya kasih makan teman saya yang tidak mampu dengan makanan yang biasa saya beli boleh g ustad. Mohon jawaban nya

  34. Assalamualaikum
    Saya dl blm faham tentang sumpah/nadzar shg dl mdh skl blg sumpah.Krn saking byknya sampai lupa sumpah apa aja yg dikatakan.Bahkan dl sblm nikah dlm hati kepingin akad nikah dimesjid tp ga kesampaian kt org tuaku dh dirmh aja krn berabe.Bagaimana cara membayarnya?saya srg melakukan puasa 3 hari krn ngasih makan kondisi ekonomi tdk memungkinkan.Puasa 3hr,mis br 2 hr haid apa Nadzarnya hrs diulang lg.Mhn maaf kepanjangan.Wassalam

Tinggalkan Balasan

