Sumbar Usulkan Pembentukan Daerah Istimewa Minangkabau


minang muslimGagasan pembentukan Daerah Istimewa Minangkabau oleh salah seorang tokoh Sumbar, yaitu Prof. Mochtar Naim mendapat sambutan positif dan dukungan dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno rencananya akan membawa usulan pembentukan Daerah Istimewa Minangkabau tersebut kepada Pemerintah Pusat.

“Nanti kita akan mengu­sulkan kepada Pemerintah Pusat untuk menjadikan Sumbar Daerah Isimewa Minangkabau, karena pada dasarnya nagari bersifat istimewa pada dua kata kunci yaitu, nagari mempunyai hak-hak asal usul dan nagari mempu­nyai susunan asli,” kata Irwan Prayitno seperti dikutip dari Haluan.

Wacana pembentukan Daerah Istimewa Minangkabau sendiri dimulai dari Prof. Mochtar Naim. Beliau kemudian mengirimkan sebuah surat terbuka kepada Gubernur Sum­bar, para Bupati dan Walikota se Sumbar, para pimpinan dan anggota DPRD Provinsi, Kabupa­ten dan Kota se Sumbar, pimpinan dan anggota Ormas-ormas se Sumbar dan di rantau dan semua warga masyarakat Minang.

Surat terbuka tersebut kemudian mendapat tanggapan yang luas dan dukungan dari sejumlah pihak, termasuk dari LKAAM Sumbar, Bundo Kanduang Sumbar Raudhah Thaib dan MTKAAM.

Menurut Gubernur, dengan dibentuknya Daerah Istimewa Minangkabau maka akan banyak keuntungan yang diperoleh Sumbar sebagai sebuah provinsi istimewa.

Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah yang juga menjadi falsafah hidup Minangkabau dapat diimplementasikan dan tak hanya menjadi sekedar ucapan saja jika Daerah Istimewa Minangkabau terbentuk.

Namun, wacana pembentukan Daerah Istimewa Minangkabau baru memasuki sebuah babak awal. Apakah usulan dari Pemprov Sumbar kepada Pemerintah Pusat akan diterima? Kita tunggu saja. (infosumbar.net)

About admin

Berjuang menegakkan Dakwah Sunnah di Ranah Minang

Posted on 18 Desember 2014, in Berita, Dunia Islam and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: