Industri Rokok Dinilai Melakukan Aksi ‘Menggertak’ Pemerintah


csr rokokPraktisi kesehatan dari Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, Hakim Sorimuda Pohan mengatakan, ketidakmampuan pemerintah menekan industri rokok karena selalu ditakut-takuti oleh pelaku industri. Pabrik rokok beralasan menurunnya industri rokok akan membuat banyak pekerja Indonesia kehilangan pekerjaan. Hal ini tentu akan menjadi ancaman bagi dunia kesehatan, kerena rokok telah menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit di masyarakat.

“Industri rokok selalu memacan-macani (menggertak) pemerintah,” kata Hakim saat menggelar konferensi pers di Hotel Akmani, Jakarta Pusat, seperti dilansir ROL, Senin (13/4/2015).

Menurut Hakim, berkembangnya industri rokok hanya memperkaya perusahaan rokok itu sendiri, bukan petani tembakau. Bahkan menurut statistik angka perkembangan industri rokok terus melonjak naik.

Hakim mengungkapkan keprihatinannya terhadap acara-acara olahraga di Indonesia yang disponsori oleh perusahaan rokok.

“Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang menjadikan rokok sebagai sponsorsip sebuah acara olahraga,” ungkap Hakim.Hakim juga mengakui keprihatinannya atas pernyataan Menpora yang mengatakan kalau pada pagelaran Asian Games nanti, Indonesia memerlukan sponsor dari perusahaan rokok.

Hakim berharap agar pemerintah mengupayakan program yang bagus, anggaran yang cukup, dan memadai serta masyarakat harus membiasakan diri untuk taat hukum. Hal itu dilakukan untuk menekan angka perkembangan industri rokok yang merajalela.

Terkait Rokok, selain itu juga harus melibatkan elemen masyarakat termasuk Ormas, LSM, Yayasan, Lembaga Pendidikan, bahkan harus melibatkan MUI sebagai perekat Masyarakat yang mayoritas Muslim untuk duduk bersama pemerintah membahas permasalahan tersebut.[Gemaislam.com]

About admin

Berjuang menegakkan Dakwah Sunnah di Ranah Minang

Posted on 14 April 2015, in Aktualita and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: